Serba-Serbi Tuna

Cakalang

Ikan Tuna

Ikan Tuna merupakan salah satu ikan laut yang memiliki arti komersial sangat penting di dunia. Ikan tuna merupakan salah satu komoditi internasional yang diperdagangkan antara negara-negara di dunia. Sama seperti komoditi internasional lainnya, misalnya minyak bumi, gandum, jagung, beras, kacang kedelai dan lain-lain.

Perdagangan ikan tuna sangat meluas di seluruh dunia, baik dalam bentuk perdagangan ikan tunanya sendiri (beku ataupun segar) ataupun produk-produk olahan tuna lainnya, seperti makanan kaleng (tuna kaleng, canned tuna), sashimi dan lain-lain.

Ikan tuna merupakan salah satu sumber protein hewani dari lautan yang sangat penting. Jumlah konsumsi tuna kaleng di dunia sangatlah besar. Di Amerika Serikat sendiri konsumsi tuna kaleng mencapai 50 juta karton (case) per tahun. Jumlah tuna kaleng per karton umumnya adalah 48 kaleng/karton. Disusul oleh negara Jepang, negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, Timur Tengah dan lain-lain.

Saking penting dan luasnya konsumsi tuna kaleng, ada beberapa perusahaan tuna kaleng yang mengasosiasikan ikan tuna sebagai ayam dari laut, yaitu dengan menggunakan merk dagang seperti Chicken of The Sea (Amerika Serikat) ataupun Sea Chicken (Jepang).

Ikan tuna sendiri adalah ikan laut dari famili Scombridae yang terdiri dari beberapa species terutama dari genus Thunnus. Panjang ikan tuna bervariasi dari sekitar 25 cm sampai dengan sekitar 2 meter.